Artikel
Detail Artikel

Serunya Bermain Peredaran Darah

  • Author: Muhtarom Huda
  • WAPIK Reference Number:
  • Views: 3858
  • Last Updated: 01/08/2013 10:29:52





Siswa seringkali bertanya tentang peredaran darah manusia sebenarnya. Untuk menjelaskan proses sirkulasi darah kepada siswa SD guru memikirkan cara yang sederhana untuk menjelaskannya. Oleh karena itu pada satu waktu pembelajaran di kelas, guru membawa alat peraga murah Replika Jantung agar siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran dan siswa lebih detail memahami materi system peredaran darah manusia.

Setelah guru masuk kelas dengan membawa APM Replika Jantung, siswa kelihatan penasaran dengan alat yang dibawa guru. Mereka tampak sangat tertarik pada pembelajaran yang akan dilaksanakan hari itu.

Gambar Media Replika jantung

Setelah alat yang dibawa guru dipajang di depan kelas, guru menjelaskan kegunaan APM Replika Jantung tersebut,  kemudian guru memberi contoh penggunaan alat tersebut.

Penjelasan Alat eraga:

  • Proses Peredaran Darah Besar
  1. Bilik kiri - Tubuh - Serambi Kanan
  2. Ketika bilik kiri Jantung buatan ditekan, air akan mengalir dari bilik kiri menuju ke seluruh tubuh melalui pembuluh nadi, kemudian menuju ke serambi kanan melalui pembuluh balik. Air tidak bisa masuk ke serambi kiri karena katub jantung kiri menutup dan katup kanan akan terbuka ketika bilik kiri ditekan.
  • Proses Peredaran darah Kecil
  1. Bilik Kanan - Paru-paru - Serambi kiri
  2. Begitu juga ketika bilik kanan ditekan, air akan mengalir dari bilik kanan menuju ke paru-paru melalui pembuluh nadi paru-paru kemudian menuju ke serambi kiri melalui pembuluh balik paru-paru. Air tidak masuk ke serambi kanan, karena katub jantung kanan akan menutup dan katup kanan akan terbuka ketika bilik kanan ditekan.

Setelah guru selesai memberi contoh cara menggunakan APM Sirkulasi Jantung tersebut, siswa diberikan kesempatan untuk maju memperagakan alat tersebut tentang proses peredaran darah kecil dan peredaran darah besar, serta menjelaskan alur jalanya darah. Siswa sangat antusias dan senang dengan aktivitas pembelajaran hingga semua siswa mendapat kesempatan memperagakanya. Selain siswa dapat memperagakan sendiri, siswa juga lebih memahami alur jalanya darah, salah satu penyebabnya dikarenakan alat peraga yang digunakan terbuat dari bahan transparan.

Setelah semua siswa mendapatkan kesempatan untuk praktik, guru memberikan evaluasi tentang sistem peredaran darah manusia (peredaran darah kecil dan peredaran darah besar). Setelah siswa menjawab semua soal, ternyata hasilnya cukup memuaskan, yaitu jawaban dari siswa ternyata semua benar. Dari pembelajaran yang sudah dilaksanakan siswa antusias sekali terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, semua siswa aktif, sangat berbeda kondisinya ketika guru menggunakan metode ceramah dengan melihat gambar saja untuk menjelaskan materi tersebut.

Dengan dilaksanakannya percobaan proses peredaran darah menggunakan alat peraga sederhana seperti di atas, siswa dapat memahami proses peredaran darah dengan lebih baik. Siswa juga termotivasi dalam belajar, sehingga hasil belajarnya dapat meningkat dengan baik. (WAPIK-Unesa/arm).





Lokasi/alamat pelaksanaan praktik yang baik
:
SDN Mojodelik 2
Provinsi
:
Jawa Timur
Kota/Kabupaten
:
Bojonegoro
Tingkat pendidikan
:
SD/MI
Lingkup pendidikan
:
Kelas
Masalah/Latar belakang – Mengapa praktik yang baik ini dianggap penting? Praktik ini dilaksanakan untuk mengatasi masalah apa?
:
  • Banyak yang beranggapan belajar IPA itu sulit dan membosankan
  • Belum ada APM jantung yang digunakan untuk mempelajari dan menjelaskan proses peredaran darah ke seluruh tubuh
  • perlu adanya alat peraga sirkulasi darah agar siswa mudah memahami bagaimana proses peredaran darah bisa terjadi.
Tujuan praktik yang baik
:
  • Guru dapat memperkaya pengetahuan tentang alat peraga yang baik dan sederhana mengenai proses peredaran darah.
  • Siswa dapat mengerti proses peredaran darah melalui alat peraga sederhana.
Penjelasan: strategi, proses/langkah kegiatan/sumber atau materi yang dibutuhkan
:
  • Guru menjelaskan kegunaan APM Replika Jantung tersebut, kemudian guru memberi contoh untuk menggunakan alat tersebut.
  • Siswa diberikan kesempatan untuk maju ke depan memperagakan alat tersebut tentang proses peredaran darah kecil dan peredaran darah besar serta menjelaskan alur jalanya darah
  • Guru memberikan evaluasi tentang sistem peredaran darah (peredaran darah kecil dan peredaran darah besar)
Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik
:
  • Siswa dapat memahami proses peredaran darah
  • Siswa termotivasi dalam pembelajaran
  • Hasil belajar siswa meningkat.
Informasi pelaku dan/kontributor – nama dan alamat
:

Muhtarom Huda,SDN Mojodelik 2,Bojonegoro,Jawa Timur

Telp.08563146489 

Email .bexshoeda@yahoo.co.id

Mentor
:
nurhadi




Kirim Komentar

Nama:
Email:
Komentar:
Captcha:


  • List Komentar